-->

Cara mempercepat Hp Android yang lemot tanpa root

Cara mempercepat android tanpa root

Cara mempercepat Hp Android yang lemot tanpa root - Masalah yang sering terjadi di hp android adalah semakin lambatnya kinerja smartphone tersebut. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Baik itu dari sistem android itu sendiri atau hal hal lain yang menyebabkan ponsel menjadi lemot. Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang sebenarnya mudah dilakukan tapi tidak semua orang mengetahuinya. Di sini kami akan memberikan beberapa tips dan trik untuk mempercepat hp android yang lemot dengan mudah tanpa root.

Cara mempercepat hp android yang lemot tanpa root

1. Cari tahu masalahnya
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa yang menyebabkan hp android menjadi lemot. Apakah itu karena terlalu banyak aplikasi yang terpasang hingga hampir memenui kapasitas memori yang tersedia ataukah dari permasalahan sistem pada ponsel itu sendiri.

Jika ternyata permasalahanya bukan dari sistem android maka anda bisa melanjutkan langkah ke poin nomor 2 dan seterusnya.

2. Luangkan ruang di memori telepon
Anda dapat memeriksa berapa banyak memori yang tersisa dengan membuka Pengaturan lalu penyimpanan. Jika memori yang tersisa terlalu sedikit maka yang harus anda lakukan adalah menghapus beberapa file, cache data atau aplikasi yang tidak diperlukan. Yang belum tau tentang cache data silahkan dibaca: Apa itu cache data dan bagaimana cara menghapusnya

Semua foto yang tersimpan dan semua aplikasi yang di pasang dapat mengurangi jumlah ruang di memori telepon. Perlu sedikit ruang pernapasan agar ponsel bisa berjalan lancar karena jika kehabisan ruang akan membuat kinerja ponsel menjadi lambat atau lemot.

Jika anda menginstal beberapa aplikasi yang tidak anda perlukan atau tidak pernah digunakan, sebaiknya dihapus. Namun jika aplikasi tersebut bawaan ponsel dan tidak bisa dihapus anda bisa menon-aktifkan aplikasi tersebut. caranya ketuk ikon aplikasi yang ingin dinon-aktifkan lalu seret ke opsi "tidak memungkinkan" diatas layar dan tahan disitu beberapa saat sampai muncul opsi "non-aktifkan aplikasi" lalu ketuk ok. tapi jika hp android anda sudah di root maka anda bisa menghapus aplikasi apapun yang anda inginkan.

Yang perlu anda ketahui, bahwa semua aplikasi menggunakan sumber daya ponsel meskipun tidak digunakan. jadi sebaiknya beberapa aplikasi yang tidak diperlukan dihapus / uninstall karena jika dibiarkan akan membuat hp android anda lemot.

Begitu juga dengan aplikasi. Aplikasi yang terpasang pada ponsel semuanya menggunakan cache data untuk mempercepat operasi. Ini akan baik baik saja selama memori masih longgar, tapi jika memori kekurangan ruang, itu akan berakibat pada lambatnya kinerja ponsel. Untuk membebaskan ruang ini, tekan pengaturan > aplikasi > hapus cache data > OK.

Cara lain untuk membebaskan ruang penyimpanan adalah dengan cara memeriksa kembali File yang telah Anda unduh. Ada kemungkinan file masih tersimpan dalam ruang penyimpanan dan anda dapat menghapus file tersebut. ketuk Pengaturan> Penyimpanan> Downloads lalu pilih file yang ingin Anda hapus.

Setelah itu anda dapat melihat berapa banyak ruang yang telah Anda bebaskan saat melihat bagian Ruang yang tersedia.

Baca juga: Cara membagikan video di Facebook ke WhatsApp

3. Kurangi widget
Semua widget yang Anda jalankan di layar utama mungkin berguna, namun widget-widget tersebut juga mengambil bagian sumber daya telepon. Jika Anda memiliki widget yang tidak di perlukan, pertimbangkan untuk menonaktifkannya. Pasang widget sesusai kebutuhan.

4. Nonaktifkan animasi dan tambahan yang tidak perlu
 Bergantung pada louncher yang Anda gunakan, Anda mungkin mendapati ada berbagai animasi dan efek khusus. Ini mungkin terlihat bagus, tapi bisa juga memperlambat kinerja ponsel. Periksa di pengaturan louncher untuk melihat apakah ada cara untuk menonaktifkan animasi yang tidak perlu ini, dan Anda bisa memperoleh dorongan kecepatan pada ponsel anda.

5. Tutup aplikasi dan bebaskan RAM
Multi-tasking beberapa aplikasi memudahkan untuk beralih di antara aplikasi satu ke aplikasi yang lain, namun ada juga dampak pada kinerja, yaitu ponsel menjadi lemot. Anda dapat menutup aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan dengan melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan.

6. Hidupkan ulang / Restart ponsel Anda
Cara terakhir untuk mengatasi android yang lemot adalah dengan hanya me-restart atau mematikan lalu menghidupkannya kembali. Ini bisa membersihkan cache, menghentikan tugas yang tidak perlu agar tidak berjalan di latar belakang, dan menyelesaikan segala sesuatunya dengan lancar. Cukup tekan dan tahan tombol power pilih opsi "Mulai lagi" lalu tekan OK 

Selain melakukan 6 cara di atas, anda juga dapat memantau aplikasi yang menggunakan banyak baterai dengan membuka Pengaturan > Baterai . Anda juga dapat memantau penggunaan RAM di Pengaturan> Aplikasi (atau Manager aplikasi , tergantung pada merek ponsel Anda). Itulah sekilas tips dan trik untuk mempercepat hp android yang sudah lemot. semoga bermanfaat. Artikel ini sebelumnya sudah dipublikasikan di yudanesia.com