-->

Cara menghapus virus malware di Android dan iPhone tanpa Antivirus

Cara menghapus virus malware di Android dan iPhone tanpa aplikasi antivirus - Android dan iPhone diciptakan dengan standar keamanan yang tinggi jadi pada dasarnya kedua jenis ponsel ini akan aman dari serangan virus ataupun malware. Tapi dengan catatan, anda menggunakan Android dan iPhone sebagaimana mestinya, Tidak melakukan root pada android dan jailbreak pada iPhone. Dan juga anda hanya menginstal aplikasi resmi dari Google Play Store dan Apple Store.

Yang perlu anda ketahui, Rooting dan jailbreak menyebabkan ponsel rentan dari serangan virus malware. Dan aplikasi yang diunduh dari sumber lain diluar Play store dan Apple Store bisa saja membawa virus yang berbahaya bagi smartphone anda. Ada beberapa cara sederhana untuk mengetahui apakah ponsel anda sudah benar benar terinveksi virus. Jika ponsel Android atau iPhone sudah terjangkit virus, maka akan menunjukkan gejala berikut:

→ Peningkatan penggunaan data yang berlebihan bahkan saat Anda tidak menggunakannya.

→ Popup yang mengganggu dan peringatan tidak dikenal saat menjelajahi internet.

→ Muncul aplikasi tidak dikenal tapi anda tidak merasa menginstalnya.

→ Baterai berkurang lebih cepat dari biasanya

→ Aplikasi sering berhenti tiba-tiba

Beberapa diantara gejala tersebut bisa saja terjadi karna ponsel yang sudah lama atau memang kapasitas RAM kecil. Namun, gejala seperti lonjakan penggunaan data, biaya tak terduga dan ditemukan aplikasi tidak dikenal hanya muncul ketika ponsel Anda terkena virus.

Salah satu cara untuk mengetahui dengan pasti apakah ponsel terkena virus adalah dengan menggunakan aplikasi anti-virus. Kami telah membuat daftar aplikasi anti virus terbaik untuk smartphone anda.

Untuk mengetahui aplikasi apa saja silahkan buka postingan kami berikut: 10 Aplikasi antivirus terbaik dan gratis

Setelah mengidentifikasi gejala-gejala virus, langkah selanjutnya adalah menghapus virus tersebut dari perangkat seluler. Ada beberapa cara efektif untuk melakukannya tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Anda harus menyingkirkan virus karena menyebabkan masalah dengan mengganggu kenyamanan, memperlambat kinerja ponsel dan bahkan mencuri data pribadi Anda. Dan berikut ini cara mudah menghapus virus di ponsel Android dan iPhone tanpa aplikasi.

Cara Menghapus Virus dan malware di Android Tanpa Aplikasi antivirus

Cara menghapus virus malware di android dan iphone tanpa aplikasi antivirus

1. Hapus Aplikasi tidak resmi

Virus Android menginfeksi perangkat melalui aplikasi tidak resmi yang diinstal dari luar Play Store. Dalam keadaan apapun usahakan untuk menghindarinya.

Namun, jika itu sudah dilakukan dan pada akhirnya ponsel Android anda terkena virus, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus instalasi aplikasi tersebut.

2. Reset pengaturan pabrik

Setelah menghapus aplikasi berbahaya tapi semua gejala-gejala terkena virus masih ada, maka langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah Setel ulang smartphone ke pengaturan pabrik.

Peringatan: Menyetel ulang pengaturan pabrik akan menghapus semua data di ponsel Android Anda. Cadangkan data penting sebelum melakukannya.

Ikuti langkah-langkah ini untuk reset Android ke pengaturan pabrik:

Langkah 1: Buka Setelan > Cadangkan dan Reset

Langkah 2: cari di Setelan reset data pabrik.

Langkah 3: pilih Reset telepon ke pengaturan pabrik.

Jika belum jelas tentang cara reset ke pengaturan pabrik silahkan buka postingan berikut: Cara lengkap reset ke pengaturan pabrik di Android

3. Beralih ke mode aman

Mode aman pada ponsel cukup efektif untuk menangani pemecahan masalah android. Mode aman menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga dan mem-boot mesin dalam antarmuka pengguna. Mode ini sangat berguna ketika Anda harus memecahkan masalah ponsel android Anda.

Beralih ke mode aman sangatlah mudah. Sebagian besar ponsel Android modern menyertakan opsi pada tombol power.

Namun, beberapa ponsel cukup rumit. Anda harus menekan dan menahan kombinasi tombol untuk melakukan boot ulang ke mode aman.

Misalnya di beberapa perangkat Samsung dan HTC, Anda perlu mematikan ponsel, lalu tekan dan tahan tombol daya dan tombol volume bawah untuk melakukan boot ulang ke mode aman.

Cara Hapus virus di iPhone tanpa aplikasi antivirus


Kasus iPhone atau iOS diserang virus sebenarnya jarang terjadi. Bahkan. Sejauh ini iPhone sangat aman Namun, jika iPhone Anda di-jailbreak dan anda menginstal aplikasi dari sumber diluar Apple Store, ini membuka kemungkinan ponsel Anda terserang virus dari aplikasi berbahaya.

Ini adalah beberapa cara untuk menghapus virus di iPhone:

1. Hapus data, cookie, dan riwayat penjelajahan.

Jika peramban safari Anda mengarahkan Anda ke beberapa laman web berbahaya, Anda dapat dengan cepat menyelesaikannya dengan menghapus data penelusuran pribadi. Ini berarti ada virus di iPhone safari.

Ikuti panduan penghapusan virus ponsel dan hilangkan popup virus iPhone dan pesan virus iPhone dari iphone Anda.

Buka Pengaturan> Safari> Hapus riwayat dan data. Tekan pada 'Hapus Riwayat dan Data' untuk mengkonfirmasi proses.

Jika Anda menggunakan google chrome pada iPhone Anda untuk browsing internet, menghapus cache, cookies dan data penjelajahan dari google chrome dengan cara yang sama .

2. ReStart iPhone.

Jika sudah menghapus cache dan data tapi virus di safari iPhone masih ada, Cobalah dengan me-restart iPhone anda.

Tahan tombol power dan matikan iPhone Anda. Setelah beberapa saat kemudian restart telepon dengan menekan dan menahan tombol power.

iPhone akan membutuhkan waktu untuk reboot. Jika cara ini tidak menyelesaikan masalah atau virus masih terdeteksi, Anda perlu mengambil langkah yang lebih berat.

3. Pulihkan iPhone dari cadangan


Jika iPhone Anda bekerja lambat, Anda harus mencoba memulihkan perangkat dari cadangan. Untuk proses ini, Anda memerlukan akses ke komputer atau mac dengan iTunes yang diinstal di dalamnya.

Ini bisa jadi cara terbaik untuk menghapus virus, tetapi jika Anda belum mengambil cadangan iPhone, Anda bisa mencoba cara nomor 4.

4. Reset iPhone ke pengaturan pabrik

Jika Anda belum mengambil cadangan iPhone Anda, ini adalah pilihan terbaik untuk menghapus virus. Mengatur ulang iPhone ke pengaturan pabrik akan menghapus semua data di perangkat iPhone Anda dan menjadikannya perangkat baru. Caranya sebagai berikut:

Buka Setelan > Umum> Atur Ulang> Hapus Semua Isi dan Pengaturan > masukkan kode sandi untuk mengonfirmasi.

Ini akan menghapus semua yang ada di iPhone Anda dan menjadikannya baru. Semua dokumen, gambar, video, dan aplikasi di iPhone Anda akan dihapus.

Itulah cara paling efektif untuk menghapus virus malware di ponsel Android dan iPhone tanpa aplikasi antivirus. Semoga bermanfaat.

2 Responses to "Cara menghapus virus malware di Android dan iPhone tanpa Antivirus"