-->

Cara share lokasi di WhatsApp Android dan iPhone

Sebenarnya WhatsApp telah memiliki fitur sharing lokasi sejak lama. Tapi itu bersifat statis dan lokasi satu kali. Yang berarti Anda harus membagikannya lagi saat Anda pindah ke tempat yang berbeda. Namun kali ini WhatsApp telah memperkenalkan fitur terbarunya dalam hal berbagi lokasi yang diberi nama Share live location. Kita sering menyebutnya serlok.

Share live location ini akan menunjukkan posisi Anda pada peta saat Anda bergerak untuk interval waktu yang ditentukan. Ini bersifat dinamis dan update secara real-time. Bahkan saat Anda tidak menggunakan WhatsApp, lokasi Anda tetap diperbarui pada peta secara otomatis

Anda dapat berbagi lokasi langsung di percakapan individu ataupun percakapan grup. Dalam sebuah percakapan grup, beberapa orang bisa berbagi lokasi mereka secara bersamaan. Semua lokasi real-time yang dimiliki oleh banyak orang akan muncul dalam satu peta yang sama. ini akan memudahkan anda untuk mengetahui posisi seseorang ataupun sebaliknya, teman andapun akan lebih mudah untuk mengetahui posisi anda. Selanjutnya, Anda dapat mengatur penghitung waktu untuk berhenti berbagi lokasi setelah waktu tertentu secara otomatis atau Anda dapat menghentikannya secara manual setelah beberapa saat.

Baca juga: Cara membalas pesan WhatsApp tanpa terlihat status online

Cara share live location di WhatsApp Android

Untuk bisa menggunakan fitur Share live location di Android anda harus menggunakan WhatsApp versi terbaru, jika anda masih menggunakan versi lama silahkan update WhatsApp versi terbaru dari Playstore. Setelah menggunakan WhatsApp versi terbaru, pastikan anda telah mengaktifkan lokasi di perangkat android anda. setelah itu ikuti langkahnya seperti dibawah ini:

1. Buka WhatsApp lalu buka percakapan individu atau grup yang ingin Anda bagikan lokasi Anda.

2. Ketuk ikon lampiran (gambar penjepit kertas) di sebelah kanan area pengetikan.

3. pilih Lokasi.

cara share live location di wa android

4. Pada layar berikutnya, tekan "Bagikan lokasi terkini"

5. Pilih jangka waktu berapa lama anda akan membagikan lokasi anda. anda bisa memilih 15 menit, 1 jam atau 8 jam.

cara share lokasi di wa android

6. Tambahkan pesan (opsional) lalu tekan tombol Kirim

Jika anda sudah mengikuti langkah-langkah di atas, seharusnya anda sudah berhasil membagikan lokasi anda saat ini. Jika ingin berhenti membagikan lokasi sebelum waktu yang telah anda tentukan habis , tekan "Berhenti membagikan" dibawah pesan.

Cara Share live location di WhatsApp iPhone

1. Buka WhatsApp.

2. Buka percakapan pribadi atau grup di mana Anda ingin membagikan lokasi Anda.

3. Tekan ikon +.
Ini akan membuka menu dengan daftar item yang dapat Anda bagikan.

cara share location di wa iphone

4. Pilih Lokasi. Jika ini pertama kalinya Anda menggunakan fitur ini, maka WhatsApp akan meminta izin untuk mengakses lokasi Anda. Berikan izin untuk melanjutkan.

5. WhatsApp akan mendeteksi lokasi Anda saat ini dan menampilkannya di peta.

6. Kirim

Jika anda sudah mengikuti langkah-langkah di atas, seharusnya anda sudah berhasil membagikan lokasi anda saat ini. Jika ingin berhenti membagikan lokasi sebelum waktu yang telah anda tentukan habis , tekan "Berhenti membagikan" dibawah pesan. Sekian, Semoga bermanfaat.