-->

Cara irit kuota internet paling efektif

Menikmati beragam keseruan di smartphone android memang tidak akan ada habisnya, karena semakin hari semakin banyak aplikasi atau games yang menawarkan berbagai kemudahan dan hiburan untuk memanjakan penggunanya. hingga terkadang kita tidak sadar bahwa untuk menikmati kesemuanya itu kita butuh kuota data yang tidak sedikit.

Baca juga: Cara mempercepat Android yang lemot tanpa root

 Untuk itu kita harus pintar-pintar dalam memilih aplikasi yang memang benar-benar kita butuhkan, walaupun sudah begitu tetap saja pemakaian kuota data masih terlalu boros. Tapi tenang, simak beberapa trik berikut ini supaya pemakaian kuota datamu lebih irit.

cara irit kuota internet

Cara hemat kuota internet paling efektif

1. Aktifkan Penghematan Data pada browser Chrome

Jika kamu biasa browsing menggunakan chrome, kamu bisa melakukan sedikit perubahan pada setelan yaitu mengaktifkan Penghematan Data atau Data Saver. caranya tap menu Setelan > Penghematan Data > Aktif. dengan mengaktifkan penghematan data akan mengompresi halaman yang kamu kunjungi sehingga loading membuka seluruh halaman akan lebih cepat dan tentunya lebih irit kuota. Akan tetapi kamu harus puas dengan tampilan halaman yang jadi kurang bagus dan gambar yang buram.

2. Batasi penggunaan data background (Restrict Background Data)

Penggunaan data pada background smartphone cukup banyak menguras kuota internet. untuk mengatasinya kita bisa membatasinya dengan merubah beberapa pengaturan. caranya masuk menu Settings > Data Usage > Tap tiga gatis di kanan atas > Restrict Background Data > Ok.

3. Ubah fitur Maps ke mode offline

Maps adalah salah satu aplikasi yang mempunyai andil besar dalam menyedot kuota. terlebih lagi saat digunakan untuk layanan built in navigation, melihat traffic secara real time atau melihat peta dalam mode satelite. Untuk mengatasi hal tersebut cukup ganti pengaturan maps dari mode Online ke mode Offline.

4. Hapus Aplikasi Facebook

Aplikasi yang satu ini selain diketahui membuat baterai cepat habis tetapi juga menyedot kuota internet yang cukup banyak. sebab aplikasi facebook secara otomatis melakukan aktivitas dilatar belakang seperti notifikasi dan terlebih lagi jika fitur auto play video diaktifkan karena dengan fitur tersebut video akan secara otomatis diputar tanpa kamu memintanya. sebagai gantinya gunakan aplikasi facebook lite (meskipun masih menyedot cukup banyak kuota data) atau yang paling hemat kuota adalah langsung membuka facebook mobile dengan browser Chrome, Opera mini atau Uc browser.

5. Non-aktifkan sinkronisasi otomatis

Setiap kali smartphone melakukan sinkronisasi semua aplikasi membutuhkan cukup banyak kuota internet. untuk mengurangi jumlah pemakaian kuota tersebut kamu bisa menonaktifkan sinkronisasi otomatis di sejumlah aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan. hal itu cukup efektif untuk menghemat kuota internet. caranya masuk menu Settings > Account > pilih akun yang tidak ingin di sinkronisasi.

6. Non aktifkan Update Aplikasi Otomatis

Salah satu cara paling efektif untuk menghemat kuota internet adalah dengan mematikan fitur Update Aplikasi otomasis. Update semua aplikasi hanya saat terhubung dengan jaringan wifi. caranya masuk menu Settings > Auto-Update apps > Auto-update apps over wifi only.
atau dengan menggunakan cara berikut: Cara menonaktifkan update aplikasi otomatis dari Playstore

7. Uninstall aplikasi yang menghabiskan terlalu banyak kuota data

Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menghabiskan banyak kuota silahkan masuk menu Settings > Data Usage tarik kebawah dan kamu bisa menemukan aplikasi yang memakan banyak kuota. Uninstall applikasi tersebut lalu cari alternativ aplikasi sejenis yang lebih irit kuota.

8. Kurangi Upload, Download, streaming

Poin terakhir inilah yang benar-benar harus kamu perhatikan. karena ketiga kegiatan inilah yang sebenarnya sangat menguras kuota. upload, download file kecil mungkin tidak terlalu masalah tapi jika size besar seperti lagu atau video dan itu sering dilakukan, mungkin kuota 3gb hanya akan cukup untuk 3 hari. untuk itu kita harus lebih bijak dalam pemakaian. Upload, download dan streaming-lah untuk hal-hal yang memang diperlukan.

 Artikel ini sudah dipublikasikan terlebih dahulu di yudanesia.com